Dalam menerima tamu,
ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh sekretaris antara lain :
• Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang
ada tugas di luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang
terlambat (prioritas perlu dipertimbangkan).
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.
• Apabila tamu masuk, hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
• Berikan sapaan ramah kepada tamu.
1.Penanganan Ruangan Tamu
Sekretaris baiknya memeriksa tata ruang penerimaan
tamu, khususnya yang berkaitan langsung
dalam hal-hal berikut :
• Ruangan harus nyaman, bersih dan rapi.
• Lengkapi ruangan tamu dengan perlengkapan seperti :
- buku tamu
- kartu pengenal tamu
- majalah/koran
- brosur/katalog perusahaan
- tempat sampah/asbak
• Tunjukanlah sikap untuk selalu siap menerima memberikan bantuan dan bersahabat.
• Ruangan harus nyaman, bersih dan rapi.
• Lengkapi ruangan tamu dengan perlengkapan seperti :
- buku tamu
- kartu pengenal tamu
- majalah/koran
- brosur/katalog perusahaan
- tempat sampah/asbak
• Tunjukanlah sikap untuk selalu siap menerima memberikan bantuan dan bersahabat.
2.
Tata Cara Mengantar dan Melayani Tamu
a)
Jangan
membeda-bedakan tamu
b)
Bagian penerima tamu
adalah wajah perusahaan
c)
Apabila tamu datang segera sambut
d)
Ketika mengantar tamu tunjukan kearah yang dituju dan
dengan telapak tangan kearah atas dan jari rapat, menuju kearah dengan telunjuk
adalah sifat yang tidak sopan.
e)
Ketika mengantar tamu
ke tempat tujuan berjalan agak ke depan dengan posisi sedikit miring sambil
sesekali menengok ke belakang untuk memperhatikan jalan tamu.
f)
Membukakan pintu
untuk tamu kalau pintu bergerak kearah dalam
g)
Tamu yang diterima biasanya dipersilahkan untuk
masuk dan menunggu
di ruangan tamu yang sudah disediakan oleh
kantor.
Hal-hal
yang harus dilakukan sekretaris saat menerima tamu kantorSaat sekretaris
menerima tamu kantor, hal yang harus dilakukan antara lain :
a)
Mempersilahkan tamu
duduk ditempat terhormat
b)
Duduk berhadapan
dengan tamu dan melayani dengan sikap duduk yang sopan.
c)
Ketika akan memasuki
ruang yang ada tamu didalamnya hendaknya mengetuk pintu, setelah masuk tundukan
kepala kepada tamu terlebih dahulu, kemudian berbicara dengan orang yang
dimaksud.
d)
Apabila materi pembicaraan
hanya perlu diketahui oleh orang yang dimaksud, sampaikan pesan tertulis di
kertas catatan.
e)
Ketika tamu akan
meninggalkan ruang tamu bukakan pintu dengan ramah dan sopan.
Ada beberapa etika
menurut beberapa ahli :
Menurut Sedarmayanti,
etika
sekretaris dalam menerima
tamu, antara lain :
a. Bersikap sopan dan ramah
b. Berkepribadian menarik
c. Bijaksana
d. Mempunyai cukup pengetahuan tentang struktur organisasi dan hal penting tentang organisasi tempatnya bekerja, serta pengetahuan lainnya.
a. Bersikap sopan dan ramah
b. Berkepribadian menarik
c. Bijaksana
d. Mempunyai cukup pengetahuan tentang struktur organisasi dan hal penting tentang organisasi tempatnya bekerja, serta pengetahuan lainnya.
Cara Pelayanan Tamu Kantor
Sekretaris yang bertugas menerima tamu
harus memperhatikan hal-hal
berikut :
1. Mengetahui nama tamu, nama kantor, nama perusahaan, dan maksud kunjungannya.
2. Memberikan kesan yang paling menyenangkan
3. Menyapa, menghormati, memberi bantuan dengan informasi yang tepat.
4. Mengetahui dengan pasti, hal yang boleh dan tidak boleh diberitahukan kepada tamu.
5. Menghubungi pejabat yang lebih berhak menangani masalah yang di bawa oleh tamu.
6. Pandai-pandailah menetapkan pilihan sesuai dengan masalah yang diungkapkan oleh tamu.
7. Bila pejabat yang diinginkan tamu tidak ada di tempat, mintalah kepada tamu agar meninggalkan pesan. Catat pesan itu dan beritahukan pada pejabat yang dikehendaki tamu.
1. Mengetahui nama tamu, nama kantor, nama perusahaan, dan maksud kunjungannya.
2. Memberikan kesan yang paling menyenangkan
3. Menyapa, menghormati, memberi bantuan dengan informasi yang tepat.
4. Mengetahui dengan pasti, hal yang boleh dan tidak boleh diberitahukan kepada tamu.
5. Menghubungi pejabat yang lebih berhak menangani masalah yang di bawa oleh tamu.
6. Pandai-pandailah menetapkan pilihan sesuai dengan masalah yang diungkapkan oleh tamu.
7. Bila pejabat yang diinginkan tamu tidak ada di tempat, mintalah kepada tamu agar meninggalkan pesan. Catat pesan itu dan beritahukan pada pejabat yang dikehendaki tamu.
Jenis-jenis
Tamu dan Cara Pelayanannya:
Sikap sekretaris ketika berhadapan dengan tamu kantor:
- Tamu
dengan perjanjian
- Tamu
tak dikenal
- Tamu yang menolak memberitahu keperluannya mengisi
formulir tamu
dengan lengkap , sebutkan alasan
mengapa anda
meminta hal
tersebut. Walaupun tamu
bersikeras, tetap perlalukan dengan sopan
dan sabar.
- Tamu atau pelanggan yang datang
tanpa perjanjian untuk memprioritaskan penerimaan tamu sesuaikan dengan keperluan, situasi kantor, dan kesibukan pimpinan
- Anggota keluarga
atau teman
atasan
- Tamu yang tak diingikan
- Pramuniaga atau salesman
- Tamu lanjut
usia atau
cacat fisik
- Anggota keluarga atau teman dekat sekretaris
- Tamu ketika atasan membatalkan janji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar